Rabu, 04 Januari 2012

PENDEKATAN DALAM STUDI ISLAM


PENDEKATAN DALAM STUDI ISLAM
1.       PENDEKATAN NORMATIF
Pendekatan normatif adalah sebuah pendekatan yang lebih menekanakan aspek normatif dalam ajaran islam  sebagaimana terdapat dalam al-qur’an dan as-sunnah. Pendekatan ini lebih melihat dari aspek idealitas ajaran islam.
Pendekatan normatif dalam studi islam telah melahirkan banyak karya yang berkaitan dengan tafsir, sunnah dan keilmuwan naqli seperti fikih, kalam dan tasawuf.
2.       PENDEKATAN SEJARAH
Pokok denotatif pembicaraan ini diawali dengan penjelasan islam sebagai gejalasosial atau fenomena yang menyejarah.
Latar Belakang Kehadiran Masalah
Kehadiran islam tidak terlepas dari konteks sosial dan budaya masyarakat arab yang melatarbelakanginya.
3.       PENDEKATAN SOSIOLOGI DAN ANTROPOLOG
Fokus pendekatan dalam studi islam adalah memahami islam sebagai fenomena yang menyejarah dalam sosial dan budaya. Sementara pendekatan antropologinya dilihat daari dinamika perspektif dari individu-individu didalam memahami ajaran islam.
4.       PENDEKATAN HERMENEUTIK
Secara umum dapat dikatakan bahwa hermeneutik merujuk pada tori penafsiran, baik yang ditafsirkan itu teks atau sesuatuyang diperlakukan sebagaimana teks. Hermeneutika adalah suatu pemahaman terhadap pemahan yang dilakukan oleh seseorang dengan menelaah proses asumsi-asumsi yang berlaku dalam pemahaman tersebut dan yang termasuk konteks yang melingkupi dan mempengaruhi proses tersebut.
5.       PENDEKATAN FENOMENOLOGI
Pendekatan fenomenologi adalah menyaring fakta penampakan anatara sesuatu.
6.       PENDEKATAN ILMU-ILMU KEALAMAN
Sains dalam konteks ilmu kealaman dan agama adalah dua hal yang semakin memainkan peranan penting dalam kehidupan manusia.pekaembanagan sains didunia moderntidak berarti menurunnya pengaruh agama dalam kehidupan manusia.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar